8 Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

Seputaribuhamil.com – Saat anda telah dinyatakan positif hamil, maka ini merupakan kabar yang menggembirakan untuk anda dan keluarga. mengingat sekarang iniada generasi keluarga yang berdiam di perut anda. Mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu adalah hal yang sangat menarik. Namun anda perlu memberikan perhatian ekstra saat kandungan anda masih di trimester pertama. Cara menjaga kehamilan muda yang akan kami bagikan ini penting untuk anda ketahui. Supaya anda tetap sehat dan janin anda pun demikian.

Ingat bahwa perjuangan Anda baru saja dimulai dan Anda memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan hingga bayi lahir ke dunia. Saat kehamilan anda masuk trimester pertama akan banyak mitos beredar tentang pantangan ibu hamil. Orang tua mungkin akan ikut campur tentang bagaimana menjaga kehamilan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena semua orang memang akan memberi perhatian lebih pada orang lain yang sedang hamil.

8 Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

8 Cara Menjaga Kehamilan Muda

Cara menjaga kehamilan muda adalah hal yang wajib diketahui oleh semua Ibu hamil. Tidak jarang ibu hamil muda yang mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti keguguran pada saat hamil muda. Pengetahuan mengenai cara menjaga kehamilan muda diharapkan dapat mencegah kejadian-kejadian yang tidak diharapkan tersebut. Maka, ikuti tips menjaga kehamilan yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda.

1. Hindarilah segala aktifitas yang berat

Kehamilan anda di waktu awal biasanya akan mudah lelah dan bisa sampai pingsan karena tekanan darah yang rendah. Sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk melakukan tugas dan pekerjaan berat. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan salah, terlalu lama berdiam diri akan membuat badan lebih mudah lemas dan tidak nyaman.

Baca Juga:  3 Buah untuk Ibu Hamil Ini Sangat Dianjurkan Bagi Kesehatan Ibu dan Janin

Bila perlu, lakukan semua aktifitas secara terjadwal. Jika anda wanita karir, tips menjaga kehamilan usia muda adalah saat di trimester pertama. Pada tahap tersebut, tubuh perlu penyesuaian karena tidak hanya fisik dan psikologis yang berubah, tapi juga faktor hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kinerja anda. Sangat penting bagi anda untuk menghindari steress sehingga hormon tidak memicu konstraksi rahim yang akan meningkatkan resiko keguguran.

2. Nutrisi makanan yang cukup untuk janin

Pada tahap kehamilan muda maka janin dalam rahim Anda sedang tumbuh dan cara menjaga kehamilan muda adalah anda harus membuat pertumbuhan itu menjadi sempurna. Janin dalam kandungan sedang mengembangkan titik pertumbuhan penting seperti mata, telinga, otak, jaringan tubuh, jaringan wajah juga tulangnya. Artinya bahwa semua nutrisi yang harus dipenuhi adalah nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan janin Anda. Nutrisi makanan yang penting ini juga harus membantu menjaga kesehatan ibu termasuk resiko anemia. Berikut ini beberapa makanan sehat ibu hamil muda:

  • Semua makanan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhan janin.
  • Semua makanan yang masih mengandung vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Semua makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan tulang dan jaringan janin.
  • Buah dan sayuran yang sangat baik untuk membantu nutrisi mineral dan vitamin pada janin
  • Semua jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk mencegah anemia pada ibu hamil.
  • Semua makanan yang mengandung asam folat untuk mencegah cacat spina bifida pada janin.
  • Semua makanan berserat tinggi untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

3. Hindarilah kebiasaan pola hidup yang buruk

Ada beberapa kebiasaan yang cukup buruk dan harus dihilangkan saat hamil. Misalnya dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan, menghindari kafein dan juga alkohol yang tentunya membahayakan kehamilan anda karena akan menghambat pertumbuhan bayi.

Baca Juga:  Mendadak Terserang Diare, Inilah Obat Diare untuk Ibu Hamil yang Aman

Untuk para ibu hamil yang perokok, peluang janin nanti terlahir tidak sempurna akan lebih tinggi persentasenya. Sebagai tips menjaga kehamilan usia muda, sangat disarankan untuk menghindari kafein karena mempengaruhi jumlah zat besi dan memperburuk anemia.

4. Mengendalikan kondisi emosional

Emosi dapat terpacu saat anda hamil, seperti bersemangat, gembira, sampai rasa lelah dan gelisah. Ibu hamil kadang akan cemas tentang kondisi bayi, bagaimana mengasuhnya, sampai dengan kondisi keuangan. Namun, jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan stres.

Sangat normal ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Semua proses cara menjaga kehamilan muda harus anda nikmati. Sebaiknya tak perlu memaksakan diri. Mintalah dukungan pasangan dan keluarga. Jika mood berubah menjadi intensif, konsultasi dengan psikolog atau dokter lebih baik.

5. Atasi morning sikcness secara sehat

Semua ibu hamil muda pasti akan mengalami morning sickness dan ini disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dengan baik. Tips dibawah ini untuk mengatasi morning sickness:

  • Cegah perut anda merasa lapar berlebih jadi dapat mengurangi rasa mual berlebihan.
  • Makan secara teratur untuk mencegah ibu hamil terkena maag.
  • Makan lebih sedikit tapi lebih sering sehingga pencernaan ibu tetap sehat.
  • Makanan pedas sebaiknya dihindari, gorengan dan makanan berbau tajam.
  • Hindari semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan.
  • Lebih sering mengkonsumsi makanan dengan rasa hambar dan tidak mengandung garam.
Baca Juga:  Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil dan Juga Janin

6. Melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter

Periksa kehamilan anda di dokter kandungan atau bidan dengan teratur. Umumnya kunjungan pertama seputar kesehatan ibu hamil dan usia kehamilan anda ditentukan. Pemeriksaan awal pada kehamilan trimester pertama juga ada kemungkinan mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksa kelainan kromosom pada janin.

Pemeriksaan pada kehamilan trimester pertama yang normal yaitu per enam minggu. Tidak usah malu bertanya tentang kehamilan atau rencana menganai persalinan pada bidan Anda.

7. Ibu menghindari semua guncangan

Cara menjaga kehamilan muda sebaiknya juga dilakukan dengan menghindari semua jenis guncangan. Guncangan yan g sangat keras bisa menyebabkan ibu mengalami kontraksi pada rahim. Hal ini juga sering menjadi penyebab keguguran akibat janin yang belum terlalu kuat. Oleh sebab itu berbagai aktifitas seperti naik pesawat, naik motor, atau wahana permainan yang memiliki guncangan tinggi sebaiknya anda dihindari.

8. Hindari Stress

Ibu hamil yang mengalami stres akan meningkatkan risiko melahirkan bayi prematur dan bayi yang lebih kecil. Bahkan bahaya stres pada ibu hamil dapat mengakibatkan janin keguguran. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab stress. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Salah satu cara mencegah stress adalah dengan rutin berolahraga. Tapi, tidak semua jenis olahraga baik dilakukan saat hamil.

Demikianlah 8 cara menjaga kehamilan muda yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya keguguran. Dengan mengikuti apa yang kami sampaikan di atas, maka kesehatan anda dan juga janin yang ada di dalam kandungan anda akan terjaga. Sehingga kekhawatiran terjadinya keguguran akan dapat diminimalisir dengan anda menjaga kehamilan anda.