Beginilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Seputaribuhamil.com – Hamil itu masalah waktu. Waktu yang pas dimana sel sperma pria telah bertemu dengan sel telur wanita lalu terjadilah pembuahan. Supaya bisa cepat hamil, maka anda dapat mengira- ngira kapankah masa subur dan juga masa tidak subur itu terjadi. Akan tetapi yang sering jadi pertanyaan adalah bagaimana cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil? nah, disini akan kami jelaskan secara lengkap.

Bagi perempuan sangat penting untuk mengetahui kalender menstruasinya dan mengetahui bagaimana cara untuk menghitung masa subur sesudah haid atau menstruasi. Ternyata pelepasan sel telur ini memiliki waktu yang bervariasi, ini disesuaikan dengan kondisi emosi pada perempuan. Emosi perempuan memengaruhi reflex hipotalamus sehingga dapat memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan memengaruhi waktu ovulasi.

Beginilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Sebenarnya dalam menghitung masa subur ini tidak sulit, hanya memerlukan akurasi agar mencapai hasil yang maksimum. Untuk anda yang ingin cepat hamil maka anda harus bisa mengetahui dan memastikan berapa masa subur anda agar cepat hamil. Dalam anda menghitung masa subur wanita anda perlu satu hal yang penting yaitu kalender. Sebaiknya tandai setiap tanggal saat Anda mengalami menstruasi untuk bisa menghitung masa subur.

Di bawah ini adalah beberapa cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil.

1. Ketahuilah Berapa Lama Siklus Menstruasi Anda

Agar bisa menghitung masa subur, maka anda perlu menandai siklus menstruasi setiap bulan kemudian menghitung berapa lama itu berlangsung. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1, yaitu hari pertama Anda menstruasi, sampai hari terakhir, yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai. Anda sebaiknya mencatat siklus menstruasi anda selama beberapa bulan supaya tahu rata-ratanya, setidaknya 8 bulan bila mungkin. Sebab kadang siklus itu berbeda tiap bulannya.

Baca Juga:  Panduan Gerakan Senam Ibu Hamil yang Mudah dan Bisa Coba di Rumah

2. Menghitung Perkiraan Masa Subur Anda

Untuk langkah yang selanjutnya anda harus menghitung siklus terpanjang dan siklus terpendek dari siklus menstruasi anda dalam setiap bulan. Sesudah itu caranya seperti ini:

  • Kurangi 18 hari dari siklus terpendek Anda. Ini adalah hari pertama Anda memasuki masa subur. Sebagai contoh, siklus terpendek 25 hari, Sehingga hari pertama masa subur Anda pada hari ke 7 setelah hari pertama mens.
  • Kurangi 11 hari dari siklus terpanjang Anda. Ini adalah hari terakhir masa subur Anda. Misal, siklus terpanjang Anda adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur Anda adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi.

Di antara waktu tersebut yaitu antara hari ke 7-18 setelah menstruasi adalah kesempatan terbaik Anda berhubungan seks untuk cepat hamil. Waktu ini mungkin akan berbeda-beda tiap individu. Lalu, tunggu apalagi? Silakan coba menghitung masa subur Anda sendiri.

3. Jika Haid Tidak Teratir Begini Cara Menghitung Masa Suburnya

Jika siklus menstruasi anda itu tidak teratur, maka cara menentukan masa suburnya memang sedikit rumit. Sebab harus mengetahui siklus menstruasi anda minimal selama 6 bulan terakhir. Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama Anda menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Contohnya jika siklus menstruasi selama 6 bulan berturut-turut yaitu 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dari data tersebut maka diketahui siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini Anda sudah bisa mengetahui masa subur Anda sendiri.

Baca Juga:  Kenali 5 Ciri Ciri Lemah Kandungan Sejak Dini dan Penanganannya

4. Prediksi Masa Subur Lewat Tanda Fisik

Suhu tubuh pertama saat pagi hari sering disebut dengan suhu tubuh basal. Ini bisa anda ketahui sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Sebaiknya mengukur suhu tubuh basal sebelum bangun dari tempat tidur anda. Jika Anda beranjak dari tempat tidur dan mengukur suhu tubuh setelah itu, mungkin suhu tubuh berubah dan ini bukan merupakan suhu tubuh basal. 35,5 – 36,6°C adalah rata- rata suhu tubuh basal.

Kadar hormon di dalam tubuh bisa merubah suhu tubuh basal ini. Saat tubuh melepaskan sel telur, hormon tubuh bisa berubah dan ini memengaruhi suhu tubuh basal. Mengalami peningkatan  sedikit, biasanya kurang dari satu derajat, dan tetap tinggi hingga dimulai periode menstruasi .

5. Perubahan Cairan Vagina

Cara lain untuk memperkirakan masa subur wanita adalah dengan melihat perubahan lendir pada serviks (mulut rahim). Hormon-hormon yang mengontrol siklus menstruasi dapat memengaruhi lendir serviks. Sebelum dan selama ovulasi, akan ada perubahan  warna, jumlah dan tekstur lendir. Ini membuat tubuh lebih mudah dan lebih siap untuk hamil.

Selama masa ovulasi, lendir pada mulut rahim Anda akan memiliki tekstur yang lebih elastis, transparan, dan licin, seperti putih telur. Tekstur ini akan membantu sperma mencapai sel telur. Saat mulut rahim memiliki tekstur yang seperti ini, Anda berada dalam masa subur.

Di bawah ini adalah pola tekstur lendir dalam mulut rahim yang umum terjadi kepada banyak wanita:

  • Mendekati masa ovulasi: lendir lebih lengket, lebih banyak dikeluarkan, berwarna keruh, seperti keputihan
  • Selama masa ovulasi: lendir licin, elastis, basah, dan transparan, mirip putih telur. umumnya terjadi pada 3 atau 4 hari, inilah waktunya anda punya kemungkinan besar untuk hamil.
  • Setelah ovulasi: lendir lebih kering dan lebih sedikit dikeluarkan
Baca Juga:  Selain Nutrisi, Pakaian Juga Penting, Inilah Tips Memilih Baju Hamil yang Nyaman Dikenakan

Contoh Menghitung Masa Subur

16 hari setelah haid pertama adalah masa ovulasi biasa terjadi atau 14 hari sebelum mendapat haid berikutnya. Lebih jelas mengenai cara hitung masa subur secara akurat bisa dilihat pada contoh berikut.

1. Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Misalnya kita ambil contoh Bunga, menstruasi hari pertama 2 Januari, sehingga masa subur Bunga yaitu hari ke-16 yakni pada tanggal 18 Januari. Kok bisa dapat tanggal 18 Januari itu dari mana? Itu berasal dari 2 Januari ditambah 16 Hari sehingga ketemu 18 Januari.

2. Cara Menghitung Masa Subur Sebelum Haid

Sesudah mens pada 2 Januari, jadwal menstruasi Bunga berikutnya diperkirakan 31 Januari. Sehingga masa suburnya jatuh pada tanggal 17 Januari. Bisa menentukan jatuh tanggal 17 Januari itu dari mana? ternyata itu berasal dari 31 Januari dikurangi 14 Hari jadi hasilnya adalah 17 Januari.

Tanda- Tanda Lain Masa Subur

Di bawah ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang ovulasi, yaitu:

  • Nyeri ringan atau kram pada salah satu sisi panggul
  • Nyeri pada payudara atau payudara terasa lebih lembut
  • Perut terasa kembung
  • Keputihan semakin banyak dikeluarkan
  • Gairah seks meningkat
  • Merasa lebih seksi
  • Aroma tubuh lebih baik

Hubungan suami istrinya sebaiknya 2 hari sekali. Mungkin itu karena kita tidak bisa benar-benar tahu kapan ovulasi terjadi. Jadi dengan rutin berhubungan intim, harapannya jika jadwal ovulasi ternyata maju atau mundur, sudah ada sperma sudah siap menyambutnya. Semoga dengan informasi tadi anda bisa mengetahui cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil.