Cari Tahu Perkembangan Janin Usia 7 Bulan Dalam Kandungan

Seputaribuhamil.com – Bagi para orang tua, terutama ibu hamil, perkembangan janin yang ada dalam kandungan menjadi hal yang membahagiakan. Orang tua haruslah belajar dengan baik tentang perkembangan anak ini sesuai dengan usia perkembangan anak tersebut.Seperti halnya penting untuk mengetahui perkembangan janin usia 7 bulan dan bagaimana untuk merawatnya agar dapat terlahir dengan sehat.

Usia kehamilan 7 bulan secara keseluruhan memang sangat menarik untuk diketahui. Perkembangan janin kini sudah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini pun ditandai dengan semakin membesarnya perut sang ibu. Kini perkembangan yang terjadi di usia 6 bulan kehamilan sudah semakin sempurna. Bagian lemak janin kini sudah mulai menumpuk dan mulai menutupi bagian kulit janin hingga membuat janin sudah mulai merasa hangat.

Cari Tahu Perkembangan Janin Usia 7 Bulan Dalam Kandungan

Ciri Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Perkembangan janin di usia kehamilan 7 bulan yang paling luar biasa ada pada perkembangan otaknya. Di usia ini para pakar kesehatan mengatakan jika 7 bulan kehamilan adalah masa-masa keemasan pada otak janin sampai ia berusia 5 tahun. Hal tersebut pun ditunjang dengan bagian permukaan otak yang mulai jadi mengerut dan dilapisi oleh tumpukan-tumpukan lemak yang berguna untuk memudahkan sel-sel saraf dalam menyampaikan rangsangan agar menjadi lebih cepat dan efisien.

Tapi selain perkembangan otak, bagian-bagian tubuh lain janin tentu juga mengalami perkembangan. Di bawah ini kami sampaikan informasi mengenai perkembangan janin usia 7 bulan tahap demi tahap.

Posisi Bayi 7 Bulan dan Perkembangannya

Untuk mengetahui bagaimana posisi bayi 7 bulan di dalam rahim, Anda bisa melakukan pemeriksaan USG sebanyak 2 kali seminggu. Dilakukannya USG dengan rutin sangat penting. Ini berguna untuk  mengetahui perkembangan bayi. Apakah bayi sehat dan normal? apakah bayi bisa lahir normal pada waktunya, ataukah kemungkinan prematur kelahirannya. Saat USG anda bisa sekalian berkonsultasi tentang keluhan yang anda rasakan saat hamil. Apakah terdapat hal yang tak seharusnya yang perlu penanganan dari dokter?

Baca Juga:  8 Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

Saat masih dalam proses kehamilan usia 7 bulan, posisi bayi secara normal adalah posisi kepala dibawah dan kaki diatas. Memang seperti inilah posisinya saat berada di usia tersebut. Dengan hanya 2 bulan menuju waktu persalinan, posisi bayi telah berangsur-angsur menyesuaikan.

  • Volume darah yang beredar melalui tubuh Anda kini telah meningkat 30% sampai 50% lebih banyak dari biasanya. Itu untuk memastikan ada cukup darah yang tersedia untuk melayani janin dan untuk mengimbangi darah yang akan hilang saat melahirkan.
  • Anda mungkin akan mulai menemui dokter Anda setiap dua minggu sekali sekarang. Payudara Anda mungkin mulai membocorkan cairan bening yang disebut kolostrum, keseimbangan Anda mungkin terlempar, dan Anda mungkin merasa hal-hal yang sangat ketat di perut Anda. Sakit punggung dan sesak napas akan timbul. Bayi Anda akan menjadi sangat aktif selama trimester ini, yang mungkin membuat Anda sakit kadang-kadang!

Perkembangan Janin Minggu 25

Di minggu ke 25 janin sekarang ini sudah lebih panjang dan lebih berat dari sebelumnya. Bobot tubuhnya kini sudah sekitar 700gram dengan panjang tubuh sekitar 22cm. Di usia ini Bunda dianjurkan untuk benar-benar memperhatikan segala perubahan yang terjadi pada tubuh. Hal ini untuk mendeteksi sedini mungkin jika ada sebuah indikasi medis atau gangguan kesehatan yang terjadi, agar nantinya bisa dilakukan tindak pencegahan supaya janin di dalam kandungan dapat tumbuh dengan maksimal. Segera hubungi dokter jika Bunda mengalami sebuah hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Perkembangan Janin Minggu 26

Memasuki minggu ke 26, Bunda umumnya akan merasakan sejumlah keluhan, seperti kram di kaki, nyeri pinggang dan sakit kepala. Bahkan gangguan seperti itu akan semakin sering Bunda rasakan. Selain itu Bunda juga akan lebih sering mengalami rasa nyeri pada perut bagian bawah dan juga di bawah tulang rusuk, khususnya saat janin bergerak. Namun tidak perlu khawatir, karena hal tersebut sangat normal mengingat di usia ini ukuran rahim akan semakin membesar seiring dengan ukuran janin sehingga akan menyebabkan tekanan tersendiri pada seluruh tubuh. Termasuk pula rektum, kantung kemih hingga usus kecil yang kadang membuat Bunda mengalami sembelit.

Baca Juga:  Beginilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Di minggu ke 26 ini janin memang sudah semakin besar beratnya sudah mencapai sekitar 850gram dengan panjangnya sekitar 23cm, permukaan kulit yang sebelumnya terlihat keriput kini perlahan sudah mulai hilang dan kulit janin semakin halus. Bagian pembuluh darah yang berada di bawah kulit sudah mulai dialiri darah dengan denyut jantung sekitar 120 hingga 160 kali permetinya. Matanya sudah terbentuk sempurna begitu pula dengan telinganya, bahkan kini janin sudah bisa mendengar dengan cukup baik.

Perkembangan Janin Minggu 27

Pada minggu ke 27, di usia ini janin sudah memiliki berat sekitar 1000gram dengan panjang yang mencapai sekitar 34cm. Matanya yang sudah terbentuk sempurna pun sudah mulai bisa membuatnya melihat suasana di sekitarnya, hal ini karena bagian kelopak matanya sudah mulai membuka dengan lapisan-lapisan retina matanya yang sudah mulai bekerja dengan aktif untuk menangkap cahaya dan meneruskannya ke otak.

Sesekali saat diperiksa melalui USG, janin akan terlihat seperti bernapas. Tapi sebenarnya gerakan tersebut bukannya menghirup udara melainkan mengambil air. Hal ini sama sekali tidak berbahaya bahkan gerakan seperti ini adalah latihan yang sangat baik untuk paru-paru janin.

Baca Juga:  Pilihan Doa Ibu Hamil dari Ayat Al-Quran

Perkembangan Janin Minggu 28

Di minggu ke 28 bagian otaknya yang terus mengalami perkembangan, perlahan sudah mulai membuat janin bisa bermimpi hal ini menandakan jaringa-jaringan pada otaknya semakin bertambah. Jika berjenis kelamin laki-laki, di minggu ini testisnya sudah mulai menurun ke bagian kantung skrotum.

Pada minggu ini gerakan janin akan semakin intens dan semakin terasa, bahkan detak jantung janin pun sudah bisa terdengar oleh sang Bunda. Rambut di kepalanya terus tumbuh begitu juga dengan bagian alis dan bulu matanya hingga selaput mata sudah menghilang.

Cara Menjaga Janin 7 Bulan Dalam Kandungan

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk anda menjaga kehamilan usia 7 bulan adalah, selalu menjaga pola makan supaya asupan gizi selalu tercurahkan bagi si kecil yang berada di dalam kandungan anda yang nantinya akan Anda lahirkan.

Anda bisa mulai menjaga asupan makan Anda dengan mengkonsumsi buah-buhan atau bahkan makanan lainnya yang memang memiliki banyak kandungan gizi. Dan tentu saja, masalah yang nantinya akan muncul ketika Anda hamil yaitu rasa mual yang disertai dengan muntah-muntah.

Anda juga harus menjaga kebugaran tubuh Anda. Sangat banyak cara yang memang bisa Anda lakukan, misalkan seperti olahraga yang memang di khususkan bagi ibu hamil. Dan biasanya yoga merupakan salah stau bentuk olahraga yang dipilih. Mengapa? Karena olahraga ini sangat ringan serta mampu merefleksikan tubuh Anda menjadi lebih nyaman dari biasanya. Banyak sekali jenis olahraga yang memang di peruntukkan bagi ibu hamil.

Nah, seperti itulah perkembangan janin usia 7 bulan dan juga perawatannya. Semoga bermanfaat.