SeputarIbuHamil.com

Ini Lho Tahapan Memberikan Hukuman Pada Anak

By
212 views 0

Ini Lho Tahapan Memberikan Hukuman Pada Anak

SeputarIbuHamil.com – Pada dasarnya dalam memberikan hukuman pada anak sebaiknya harus dipikirkan terlebih dahulu. Mengapa? karena jika Anda memberikan hukuman tanpa ada alasan yang kuat bisa menimbulkan dampak buruk pada perkembangan anak.  Alangkah baiknya sebelum Anda menghukum anak berilah ia pengertian bahwa yang dilakukannya bisa menimbulkan akibat. Dengan begitu anak tidak akan mengulangi kesalahnnya kembali. Namun, jika kesalahan anak perlu diberikan hukuman maka Anda harus memperhatikan tahapan-tahapannya. Lantas, apa saja tahapan memberikan hukuman pada anak ini? Simak ulasan informasinya dibawah ini. (Baca Juga: Ini Dia Tips Mendidik Salah Bikin Anak Narsis)

Ini tahapan memberikan hukuman pada anak

> Periksa kondisi hati dan niat

Salah satu perlu Anda perhatikan ketika akan memberikan hukuman pada anak adalah memeriksa kondisi hati dan niat. Mengapa? karena jika Anda menghukum anak karena kesal dan marah padanya hal tersebut tidak diperbolehkan. karena bisa berakibat menimbulkan dendam pada anak atas perlakuan Anda tersebut. Dengan begitu tanpa Anda sadari telah mengajarkan hal buruk padanya. Sehingga jika ia besar nanti anak akan menjadi pribadi yang tidak baik. oleh karena itu jika Anda dalam keadaan kesal dan marah jangan memberikan hukuman pada anak.

> Hak pendidikan 

Selain memeriksa kondisi hati dan niat dalam memberikan hukuman pada anak masih ada lagi yang perlu diperhatikan yakni hak pendidikan. Kenapa? karena pendidikan sangatlah penting sekali perannya bagi perkembangan anak. Misalnya Anda meminta anak melakukan tuganya, tetapi anak melakukan kesalahan sebelum Anda memberi tahunya hal ini sangatlah wajar. Jika hal ini terjadi Anda jangan memberikan hukuman pada anak. Karena tidak mengetahui apa yang harus ia perbuat. (Baca Juga: Mom Yuk, Belajar Cara Mengasuh Anak Hiperaktif)

> Identifikasi jenis kesalahan

Yang selanjutnya adalah dalam memberikan hukuman pada anak yang harus diperhatikan mengidentifikasi jenis kesalahan. Karena setiap masalah yang ditimbulkan oleh anak-anak ini pasti mempunyai kadar berbeda. Dengan begitu setiap memberikan hukuman pada anak harus disesuaikan dengan jenis kesalahan yang dibuatnya.  Mengapa? meskipun sama-sama melakukan kesalahan akan tetapi jenisnya berbeda. Dengan begitu cara memberikan hukumannya juga berbeda.

Nah, itulah tadi beberapa tahapan yang harus diperhatikan ketika memberikan hukuman pada anak. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai tahapan memberikan hukuman pada anak bisa menjadi inspirasi untuk Anda semuanya.