SeputarIbuHamil.com

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil dan Juga Janin

By
232 views 0

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil dan Juga Janin

Seputaribuhamil.com – Kehamilan adalah anugrah yang patut untuk disyukuri dan juga dijaga. Untuk menjaga kehamilan anda, anda bisa melakukan beberapa aktifitas yang bisa bermanfaat bagi anda maupun janin anda. Ada yang bilang bahwa orang yang sedang hamil tidak boleh melakukan aktifitas yang terlalu berat. Hal itu memang dibenarkan oleh medis, akan tetapi tidak semua kegiatan tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil. Misal saja kegiatan berolahraga untuk membantu memperlancar proses melahirkan atau untuk membantu tumbuh kembang janin yang ada di perut agar tetap sehat. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang manfaat olahraga untuk ibu hamil khususnya bagi ibu muda. (baca juga: Panduan Gerakan Senam Ibu Hamil yang Mudah dan Bisa Coba di Rumah)

> Manfaat olahraga untuk si ibu

Manfaat olahraga untuk ibu hamil dapat mempengaruhi jantung, paru-paru, suhu tubuh dan keringat, adaptasi liga, dan juga otot tulang pada si ibu. Manfaat ini bisa terlihat efeknya saat proses melahirkan. Menurut beberapa riset mengatakan bahwa, saat ibu hamil melakukan aktifitas seperti jalan-jalan atau lari-lari kecil yang dilakukan secara rutin akan membantu kesehatan jantung si ibu saat melahirkan. Selain jantung juga proses pernapasan akan lancar, apalagi saat melahirkan si ibu harus bisa mengatur napas mereka untuk tetap tenang. Selain itu juga bisa menjaga tidur anda agar lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena olahraga dapat membantu anda membuang cukup energi sehingga anda akan terasa capek dan tidur anda akan terasa lebih lelap.

> Bagi janin yang dikandung

Manfaat olahraga untuk ibu hamil adalah untuk janin itu sendiri. Siapa sangka kalau kita berolahraga saat hamil dapat membantu cara kerja otak anak kita dalam merespon atau memindai suatu informasi yang mereka dapat. Hal ini menunjukkan bahwa dengan berolahraga maka tumbuh kembang otak pada janin anda juga berpengaruh pada aktifitas keseharian anda. Semakin anda sering berolahraga, maka janin anda akan lebih sehat. Selain itu dengan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu juga berpengaruh terhadap aktifitas kerja jantung pada bayi anda yang cenderung lebih sehat dibandingkan dengan ibu yang jarang bergerak.

Kemudian manfaat olahraga untuk ibu hamil lainnya bisa mempengaruhi bobot bayi saat lahir. Biasanya untuk beberapa orang yang dirasa harus melakukan diet dalam masa kehamilannya ini karena faktor kelebihan berat badan pada bayi sehingga dokter menganjurkan untuk melakukan diet. Diet ini bisa dilakukan dengan cara berolahraga yang mana dapat mengurangi berat badan anda dan juga bayi sehingga bayi anda akan lahir dengan sehat. (baca juga: Pilihan Doa Ibu Hamil dari Ayat Al-Quran)

Beberapa manfaat olahraga untuk ibu hamil tersebut dapat menjadi salah satu referensi untuk ibu hamil, khususnya bagi ibu muda yang mana dapat membantu anda dalam proses persalinan maupun pada saat kehamilan. Jaga selalu kesehatan anda untuk janin anda!