SeputarIbuHamil.com

Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, Baik atau Justru Buruk?

By
121 views 0

Minyak Ikan untuk Ibu Hamil, Baik atau Justru Buruk

SeputarIbuHamil.com Minyak ikan, siapa yang tidak mengetahui tentang manfaat minyak ikan yang sangat baik bagi tubuh ini? sepertinya kita semua paham dan mengerti bahwa minyak ikan jika dikonsumsi akan memberikan manfaat bagi tubuh. Terlebih lagi banyak ibu hami, yang mengkonsumsi minyak ikan karena dianggap baik bagi tumbuh kembang otak dan mata bagi anak yang sedang dikandungnya.

Namun pernyataan tersebut sebenarnya membutuhkan penelitian lebih lanjut. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omeg-3 EPA dan DHA yang merupakan zat penting penyusun metabolisme tubuh ini diklaim dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengkonsumsi minyak ikan dianggap lebih baik daripada mengkonsumsi daging ikan itu sendiri.

Daging ikan sendiri memiliki potensi mengandung senyawa merkuri yang cukup tinggi dan tidak baik bagi ibu hamil dan anak yang sedang dikandung. Merkuri itu sendiri terdapat pada daging dan protein yang dikandung ikan.

Ibu hamil yang mengkonsumsi ikan kurang dari satu kali dalam seminggu untuk menghindari kandungan merkuri yang terdapat dalam daging ikan ini seringkali disarankan untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan. Hal ini dilakukan karena meskipun ibu hamil sudah mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung omega-3 bisa saja tetap kekurangan zat penting tersebut. Meskipun begitu, belum ada rekomendasi resmi dari dokter ataupun ahli terkait mengenai ibu hamil yang harus mengkonsumsi minyak ikan untuk memenuhi asupan zat omega-3.

Cermat dalam mengkonsumsi minyak ikan bagi ibu hamil

Sebelum ibu hamil mengkonsumsi minyak ikan, ada baiknya bagi anda untuk mencermati beberapa hal yang sangat penting. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi perkembangan otak bayi ini juga memiliki potensi dan kemungkinan untuk meningkatkan kadar DHA pada bayi. Kadar DHA yang tinggi dianggap memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi dan berpotensi untuk mencegah bayi anda memiliki masalah saluran pernafasan pada saat melahirkan nanti. (baca juga: Ingin Janin Sehat, Ayo Kenali Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 2 3)

Minyak ikan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui juga dianggap dapat meningkatkan level energi pada ibu. berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam memiliki suplemen minyak ikan pada ibu hamil.

  • Minyak ikan yang memiliki berbagai macam bentuk seperti gel, cairan, bahkan ada yang dapat dikunyah ini harus anda perhatikan, Karena terdapat 2 jenis minyak ikan.
  • Minyak ikan yang mengandung suplemen omega-3 yang berasal dari daging ikan ini cenderung aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
  • Minyak ikan yang berasa dari hati ikan terutama ikan kod. Suplemen minyak ikan yang diambil dari hati ikan kod mengandung retinol atau bentuk lain dari vitamin A yang cukup tinggi. Kadar Vitamin A yang tinggi ini justru dianggap tidak baik bagi dan membahayakan bayi.
  • Ibu hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar hati atau suplemen yang mengandung vitamin A dengan kadar yang cukup tinggi. Kehadiran vitamin A atau bahan makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil dianggap dapat meningkatkan resiko cacat lahir pada bayi.

Bagi ibu hamil yang hendak mengkonsumsi minyak ikan sebaiknya memperhatikan kadar DHA dan EPA yang terkandung didalamnya. Konsumsi minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA dengan kadar 450 mg dalam sehari adalah setara dengan mengkonsumsi 1 – 2 porsi ikan dalam satu minggu. Kadar DHA yang terlalu tinggi dan dikonsumsi tubuh juga akan berpotensi meningkatkan resiko pendarahan pada saat melahirkan. Oleh karena, itu sebaiknya anda mengkonsultasikan diri pada dokter atau ahli yang bersangkutan sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan.