Nutrisi Wajib Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Nutrisi Wajib Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

SeputarIbuHamil.com Teramat penting, asam folat ialah kebutuhan yang vital pada masa kehamilan seorang ibu. Asam folat untuk ibu hamil adalah kewajiban, layaknya shalat lima waktu untuk Anda yang beragama Islam. Yang terpenting, asam folat yang di konsumsi oleh seorang ibu hamil amat berperan sebagai pencegah cacat ketika anak sudah lahir ke dunia dan juga membantu pengoptimalan otak dan sumsun tulang belakang buah hati Anda.

Disamping itu, asam folat adalah yang terbaik perihal kandungan vitamin B-nya. Tentu ini amat membantu tubuh dalam hal produksi dan mempertahankan dan meregenerasi sel baru secara natural, DNA pun akan sangat terbantu perubahannya. Dari semua proses tersebut, pencegahan terhadap kanker pun dapat ibu hamil lakukan.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil Amat Penting

Untuk Anda yang sedang menjalani proses kehamilan atau segera menuju kehamilan, penting untuk menyadari betapa pentingnya asam folat untuk tubuh Anda. Asam folat ini berbentuk sintetis dari vitamin B9, yang biasa disebut folat.

Banyak produk yang sudah menawarkan kandungan asam folat tergolong tinggi, produk susu khusus kehamilan yang mengandung asam folat pun tidak susah untuk Anda temui saat ini. Dengan beragam bahkan sejuta manfaat teruntuk ibu hamil, beberapa yang harus Anda ketahui manfaat-nya, adalah:

Baca Juga:  8 Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

Asam folat untuk ibu hamil punya peran amat penting perihal bantuan terhadap tabu saraf pada bayi. Ini sangat mempengaruhi perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sang bayi. Dengan asam folat, pencegahan cacat dapat dilakukan dengan optimal. Kondisi terganggunya tabung saraf bisa dan sangat meningkatkan presentasi bayi mengalami kelainan saraf tulang belakang, dalam istilah medis, hal ini disebut dengan spina bifida. Sedangkan gangguan pertumbuhan otak pada bayi, di istilah medis disebut dengan anenchephal. (baca juga: Selain Nutrisi, Pakaian Juga Penting, Inilah Tips Memilih Baju Hamil yang Nyaman Dikenakan)

Asam folat untuk ibu hamil dapat mencegah dan menurunkan presentasi kecacatan pada bayi, selain itu, asam folat adalah pencegah terbaik untuk mengatasi cacat bawaan buah hati seperti bibir yang sumbing dan kelainan jantung bawaan. Sangat bermanfaat, bukan?

Selain itu, Asam folat untuk ibu hamil adalah pencegah keguguran terbaik di saat awal kehamilan. Mengobati kekurangan anemia pun sangat memungkinkan dengan senyawa asam folat. Apalagi, bila Anda sebagai ibu hamil mengonsumsi produk dengan kandungan asam folat tinggi secara rutin, bukan tidak mungkin resiko preeklamsia akan berkurang drastis presentasinya.

Baca Juga:  Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Cacat pada bayi yang lahir itu biasanya terjadi dalam tempo waktu tiga sampai empat minggu masa kehamilan pertama. Dari hal ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa asam folat untuk ibu hamil wajib dikonsumsi setelah tahu bahwasanya seorang ibu sedang menjalani proses kehamilan. Segera cari suplemen atau produk susu kehamilan yang mengandung zat dan senyawa asam folat. Tentu ini baik untuk mencegah dan mengoptimalkan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sang buah hati.

Saya sangat menyarankan, konsumsi asam folat setiap hari tanpa terkecuali. Atau paling tidak, sebulan sebelum hamil Anda sudah mulai mengonsumsi asam folat.

Ingin mengonsumsi bahan makanan alami dan naturan yang mengandung asam folat tinggi? Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, adalah; kacang kering, jeruk, kacang polong, asparagus, produk gandum, bit, hati, kubis, brokoli, brussels dan juga sayuran seperti bayam.

Ingin menambah resiko dan presentasi cacat di tabung saraf bayi? Para ahli merekomendasikan mengonsumsi sekitar 400 mikro gram asam folat untuk ibu hami setiap harinya tanpa terkecuali. Setidaknya, program ini bisa dimulai satu bulan sebelum Anda merencanakan kehamilan Anda.

Baca Juga:  Ingin Janin Sehat, Ayo Kenali Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 2 3

Ingin lebih? Asam folat untuk ibu hamil juga bisa Ana konsumsi selama beberapa bulan selang usia kehamilan empat sampai 9 bulan menjelang masa kelahiran sebanyak 600 mikro gram.

Ingin lebih baik lagi? Konsumsi asam folat saat menyusui setiap hari tanpa terkecuali setidaknya 500 mikro gram.

Mengetahui informasi perihal asam folat untuk ibu hamil, tentu akan sangat membantu Anda dalam proses dan jenjang kehamilan. Apalagi, bagi seorang ibu kehamilan anak pertama amat teramat penting. Sebagai tambahan, untuk semakin menghindari cacat lahir, selalu lakukan pemeriksaan rutin untuk setidaknya tahu perkembangan sang buah hati di dalam janin. Tak perlu segan melakukan konsultasi kepada dokter ahli selama proses kehamilan.