Penting Perhatikan Posisi Tidur Saat Hamil Muda Yang Aman

Seputaribuhamil.com – Istilah hamil muda sering diberikan kepada ibu yang hamil pada trimester pertama. hal ini sering membawa perubahan pada kondisi tubuh yang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Termasuk pula dalam kondisi saat tidur. Penting sekali mengetahui posisi tidur saat hamil muda yang aman dan juga nyaman agar dapat mendukung kehamilan yang sehat.

Ibu hamil memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Posisi tidur yang biasanya nyaman, sekarang tak lagi bisa dirasakan. Tapi anda jangan khawatir. Sebab ada beberapa posisi tidur saat hamil muda yang bisa membantu ibu hamil untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Bila ketika minggu-minggu awal kehamilan Anda masih bisa tidur semaunya, seiiring dengan perkembangan kehamilan yang mengakibatkan ukuran perut makin besar dan perubahan bentuk fisik lainnya, maka posisi tidur pun menjadi lebih terbatas.

Posisi Tidur Saat Hamil Muda

Posisi Tidur Saat hamil Muda Yang Disarankan

Untuk kondisi ibu hamil yang memasuki tahap ini sebenarnya masih bisa dan diperbolehkan untuk selalu tidur dalam posisi apapun. Akan tetapi ada beberapa posisi tidur tertentu yang bisa lebih dianjurkan untuk dipilih untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyaman dan nyenyak serta maksimal dalam mendukung pertumbuhan janin, berikut selengkapnya.

Posisi Tidur Miring

Adapun salah satu posisi tidur saat hamil muda yang disarankan yaitu miring ke sebelah kiri. Posisi ini bisa untuk meningkatkan jumlah darah dan juga nutrisi menuju plasenta dan juga janin. Untuk posisi yang lebih nyaman, sebaiknya tekuk kaki dan juga  lutut lalu tempatkan sebuah bantal di antara kaki. Anda juga bisa menempatkan bantal pada bagian punggung.

Kondisi posisi tidur ibu hamil muda yang selalu mengarah ke samping ini juga bisa sangat tepat bila ibu hamil sering mengalami nyeri punggung. Untuk Anda yang selalu mengalami sesak napas saat hamil muda, dapat bisa memilih tidur dengan posisi miring atau juga tidur dengan punggung disangga dengan menggunakan bantal.

Baca Juga:  Lahiran Anak Pertama, Inilah Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Bagi anda ibu hamil muda yang belum terlalu besar perutnya. Tidur dengan posisi tengkurap dirasa cukup aman. Akan tetapi pertanda kehamilan trimester pertama yang biasanya ditandai dengan bagian dada yang lebih besar dan lebih sensitif memang membuat seorang wanita kurang nyaman tidur dengan posisi tengkurap. Ternyata tidur dengan posisi tengkurap dinilai kurang sesuai dan tidak cocok bagi ibu hamil yang perutnya mulai membesar. Sebab hal ini akan mengurangi kelancaran peredaran darah antara sang ibu dan janinnya dan juga akan menyebabkan rasa mual.

Memilih Posisi Tidur Terlentang

Posisi yang paling aman dan nyaman bagi semua termasuk bagi wanita hamil adalah tidur terlentang. Untuk para wanita yang sedang hamil muda, posisi terlentang ini sangat dianjurkan karena dengan posisi terlentang akan membuat Anda cukup nyaman saat tidur. Jika kehamilan sudah masuk 16 minggu maka posisi tidur terlentang ini justru kurang disarankan.

Hal ini dikarenakan saat Anda tidur terlentang, maka secara otomatis beban rahim Anda akan bertumpu pada bagian belakang tubuh Anda termasuk usus dan juga vena cava inferior. Tidur dengan posisi ini cukup rentan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan sakit pinggang, dan juga wasir. Bahkan posisi tidur ini juga bisa cukup memengaruhi tekanan darah.

Posisi Tidur Setengah Duduk

Menggunakan posisi tidur dengan kepala serta punggung atas disangga bantal atau posisi setengah duduk bisa sangat membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu. Nyeri ulu hati yang dialami ibu hamil biasannya dipicu dengan adanya hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus) sehingga asam lambung dan makanan bisa berbalik ke esophagus kembali. Ibu hamil dianjurkan pula untuk makan malam lebih awal dan perlahan.

Baca Juga:  8 Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman Bagi Tumbuh Kembang Janin

Bila terdapat rasa tidak nyaman ketika tidur yang disebabkan oleh perubahan payudara, ibu hamil dapat menyiasatinya dengan menggunakan bra khusus masa kehamilan atau sport bra yang pas di dada. Peluk bantal yang besar bisa membantu melindungi payudara sensitif saat hamil.

Selain itu, bila rasa tidak nyaman di bagian payudara mengganggu waktu tidur sampai berlarut-larut, konsultasikan dengan dokter mengenai obat acetaminofen yang dapat membantu meringankan rasa nyeri.

Posisi Tidur Miring

Pada ibu yang hamil muda, posisi tidur miring sangat disarankan. Meskipun hingga saat ini masih belum ada penelitian lebih lanjut yang mempelajari tentang bagaimana posisi tidur yang paling tepat saat sedang kondisi hamil. Namun posisi miring ini cukup disarankan dan menjadi posisi tidur yang paling aman dan nyaman baik untuk ibu hamil dan untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Tidur dalam posisi miring tidak menyebabkan adanya bagian tubuh yang terbebani. Khususnya posisi miring ke kiri yang merupakan posisi tidur yang paling dianjurkan selama kehamilan. Perut ibu hamil tak akan terbebani dengan posisi miring ini. Peredaran darah juga akan lancar karena aliran darah Vena Cava Inferior ada di sebelah kanan. Dua hal ini akan banyak membantu mengurangi rasa mual yang terjadi selama kehamilan. Sedangkan bagi bayi, janin akan mendapatkan pasokan nutrisi yang lancar karena peredaran darah ibu juga lancar sehingga pertumbuhannya maksimal.

Baca Juga:  Seperti Inilah Panduan Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Tips Tidur Nyaman Selama Hamil

Banyak ibu hamil yang merasa khawatir karena tidak bisa tidur dengan nyaman selama hamil. Selain itu, beberapa gangguan kehamilan sering membuat ibu hamil tidak bisa tidur seperti sebelum hamil. Beberapa tips dibawah ini bisa mengatasi gangguan tidur saat hamil.

  • Gunakan banyak bantal disekitar tempat tidur. Anda bisa memilih jenis bantal yang lembut agar kepala, tangan, kaki dan punggung bisa mendapatkan posisi yang paling nyaman.
  • Bila saat bangun dan  ibu hamil menyadari posisi tidur yang berbahaya dengan posisi miring ke kanan, ini sangat wajar. Untuk menjaga posisi tidur agar tetap pada posisi maka gunakan bantal penopang untuk punggung dan kaki. Posisi ini sangat disarankan untuk ibu hamil.
  • Pakai pakaian longgar yang tidak panas dan  lembut untuk kulit. Ini akan membuat ibu hamil lebih nyaman sehingga tidur menjadi lebih baik. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan tubuh kurang leluasa.
  • Bila ibu hamil mengalami banyak gangguan tidur maka bisa memakai bantal atau sofa khusus yang dilengkapi banyak bantal.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas saat malam hari. Makanan pedas merupakan makanan berbahaya untuk ibu hamil, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga ibu hamil bisa diare.
  • Cobalah untuk rileks sepanjang kehamilan dan menjauhkan pikiran dari tekanan. Berpikir rileks dan santai bisa juga meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.
  • Atur asupan nutrisi selama hamil. Karbohidrat dan protein tinggi dalam makanan bisa menyebabkan perasaan yang lebih nyaman. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kadar gula darah sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman.