SeputarIbuHamil.com

Penyebab dan Cara Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

By
219 views 0

Penyebab dan Cara Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Seputaribuhamil.com – Sebagai ibu yang tengah hamil, tentunya anda perlu waspada pada kesehatan dan tercukupinya nutrisi pada tubuh anda. Selain demi menjaga kesehatan tubuh anda sendiri, ibu yang hamil harus menjaga keadaan janin yang dikandungnya dengan baik. Selain asupan nutrisi yang harus cukup, anda harus memastikan bahwa produksi sel darah merah pada tubuh anda cukup demi perkembangan baik pada janin. Hal ini dikarenakan ibu hamil rentan terserang penyakit terutama pada awal kehamilan. Penyakit yang rentan menyerang ibu hamil diantaranya adalah anemia atau kekurang sel darah merah. Anemia pada ibu hamil marak terjadi tetapi apabila dibiarkan atau tidak diketahui bisa menjadi berbahaya. (baca juga: 3 Buah untuk Ibu Hamil Ini Sangat Dianjurkan Bagi Kesehatan Ibu dan Janin)

Penyebab dan gejala anemia pada ibu hamil

Penyebab terjadinya anemia pada ibu hamil ada beberapa macam. Pola makan yang tidak baik yang dilakukan oleh ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya anemia. Dengan pola makan yang tidak baik, nutrisi berupa zat besi yang diterima juga tidak tercukupi dengan baik. Hal ini tentu akan menyebabkan terjadinya anemia. Selain karena pola makan yang tidak baik, anemia juga bisa terjadi pada ibu yang sudah pernah melakukan persalinan dan kekurangan zat besi.

Selain penyebab anemia pada ibu hamil, anda juga perlu mengetahui gejala-gejala penyakit anemia yang mungkin saja menyerang anda. Dengan mengetahuinya sejak dini, anda dapat mencegahnya lebih parah sejak dini pula. Beberapa gejala anemia yang kerap terjadi adalah tubuh yang mudah lelah maupun mengantuk. Nafsu makan yang berkurang juga merupakan salah satu gejala anemia. Terkadang, gejala seperti ini dianggap biasa terjadi pada ibu hamil. Namun, jika hal ini sering terjadi pada anda, maka anda perlu memeriksakannya pada dokter dan melakukan pencegahan dini.

Dampak dan pencegahan anemia pada ibu hamil

Anemia pada ibu hamil memiliki dampak yang cukup berbahaya baik pada sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Dampak anemia ibu hamil yang bisa saja terjadi pada janin adalah dengan lahir secara prematur. Kelahiran bayi prematur rentan terhadap berat badan yang kurang. Tentu saja ini tidak baik bagi kesehatan sang bayi. Selain pada janin, sang ibu yang mengalami anemia pada saat hamil memiliki resiko gagal jantung dan menderita depresi setelah melahirkan. (baca juga: 2 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Aman Bagi Kandungan)

Dengan adanya resiko yang tidak baik apabila menderita anemia pada ibu hamil, maka pencegahan perlu dilakukan. Selain periksa darah, anda dapat mengkonsumsi atau menghindari makanan tertentu untuk mencegah anemia. Beberapa makanan yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi maupun yang mengandung vitamin C bagi ketahanan tubuh. Kandungan tersebut dapat ditemukan dalam sayur hijau, telur, tahu, maupun kacang-kacangan. Selain itu, anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein seperti teh. Dengan mengetahui penyebab anemia sekaligus cara mencegahnya, semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi kesehatan anda dan janin.