SeputarIbuHamil.com

Perlu di Ingat, Inilah 4 Tanda-Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

By
1,233 views 0

Perlu di Ingat, Inilah 4 Tanda-Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Seputaribuhamil.com – Bagi beberapa ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan, proses melahirkan adalah salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu dan juga mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang baru pertama kali melakukan persalinan memiliki kekhawatiran tersendiri terhadap anak yang akan dilahirkannya. Oleh karena itu mereka perlu mengetahui tanda-tanda akan melahirkan agar tidak merasa cemas dan juga khawatir.

Beberapa tanda yang dapat anda ketahui menjelang melahirkan

  1. Nyeri pada Selangkangan

Ada beberapa kasus yang mana saat akan melahirkan mengalami nyeri pada selangkangan, panggung, paha, dan juga bokong. Hal ini disebabkan karena melepasnya hormon relaksin dalam jumlah maksimal yang mana digunakan untuk jalan lahir janin dan juga karena kepala bayi sudah turun ke ruang panggul dan menekan otot-otot di area panggul. Biasanya nyeri ini dibarengi dengan tanda-tanda akan melahirkan lainnya yang mengakibatkan ibu hamil ketidaknyamanan terutama di area perut bagian bawah. (baca juga: Obat Flu Untuk Ibu Hamil yang Aman dari Bahan Alami)

  1. Kontraksi

Kontraksi adalah tanda-tanda akan melahirkan sangat umum dijumpai oleh wanita yang mengalami masa dimana akan terjadinya proses persalinan. Biasanya tanda-tanda umum melahirkan ini diawali dengan kontraksi palsu yang akan sering muncul setiap saat. Kontraksi ini terjadi pada area perut anda sekitar 10 menit. Pada awalnya memang terjadi kontraksi palsu yang terjadi pada punggung bagian bawah yang lama kelamaan akan berpindah ke bagian bawah perut. Kontraksi ini mirip seperti mulas saat anda mengalami haid akan tetapi pada kasus ini lebih sering muncul dan semakin kuat. Hal ini diakibatkan

  1. Pecahnya Air Ketuban

Tanda-tanda akan melahirkan lainnya yaitu pecahnya ketuban. Hal ini menjadi tanda yang paling utama untuk memasuki proses melahirkan. Biasanya warna air ketubannya itu berwarna putih bening atau jernih yang mana didahului oleh kontraksi pada perut ibu yang sudah dijelaskan diatas. Akan tetapi ada beberapa kejadian yang tidak menunjukkan adanya kontraksi perut tetapi air ketubannya sudah pecah. Hal ini perlu diwaspadai karena jika air ketubannya habis maka kondisi rahim tidak sedang tidak baik sehingga perlu dibawa ke dokter. Jadi bagi ibu yang mengalami ada kejanggalan pada vagina anda yang mana mengeluarkan cairan, maka disarankan untuk mengecek warna cairan yang keluar tersebut untuk memastikannya lebih lanjut. (baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil)

  1. Lendir kental bercampur darah

Salah satu tanda-tanda akan melahirkan yaitu lendir kental bercampur darah. Tanda-tanda ini biasanya muncul pada jalan lahir janin menjelang persalinan yang mana diakibatkan menipisnya serviks dan turunnya janin ke ruang panggul. Pada dasarnya, cairan ini digunakan untuk menahan janin, akan tetapi pada saat waktunya persalinan cairan ini akan keluar dengan sendirinya. Cairan ini biasanya memiliki kekentalan yang berbeda-beda tergantung seberapa banyak darah yang dikeluarkan bersamaan lendir ini.