Seperti Ini Tanda Kehamilan 1 Bulan Yang Sebaiknya Bunda Tahu

Seputaribuhamil.com – Saat usia kehamilan anda memasuki 1 bulan terjadi proses kehamilan awal yang penting sekali. Tanda kehamilan 1 bulan bukan cuma bisa diketahui lewat keterlambatan datangnya menstruasi. Terlebih untuk wanita yang haidnya tidak teratur, masalah seperti ini memang sering dihadapi oleh perempuan yang baru menikah dan belum punya pengalaman atau bisa dibilang baru pertama kali mau mendapatkan keturunan.

Sementara itu kehamilan ternyata tidak bisa dianggap mudah mendapatkannya. Bahkan ada pasangan suami istri yang sangat menantikan proses kehamilan dalam yang cukup lama. Apalagi terkadang Anda bisa salah sangka menilai tanda kehamilan 1 bulan. Sebab bisa saja pertanda tersebut merupakan gejala dari masalah kesehatan selain kehamilan. Maka dari itu bagi Anda para pasangan suami istri baru, Anda perlu mengetahui berbagai ciri di awal kehamilan.

Seperti Ini Tanda Kehamilan 1 Bulan Yang Sebaiknya Bunda Tahu

Kondisi Ini Menjadi Tanda Kehamilan 1 Bulan

Ciri ciri orang hamil 1 bulan mudah dideteksi, baik itu ciri fisik maupun ciri psikis. Saat mendambakan kehadiran anak tentunya pasangan suami istri dapat membaca tanda perubahan tubuh dan emosi ketika sang istri hamil muda. Tidak semua orang bisa mengetahui ciri ciri orang hamil 1 bulan, padahal ini merupakan pengetahuan yang penting untuk diketahui agar bisa memutuskan perencanaan selanjutnya jika ia tahu bahwa ia sudah hamil. Perencanaan tersebut misalkan pergi ke dokter kandungan untuk melakukan agenda konsultasi secara rutin.

1. Gejala Fisik yang Menjadi Tanda Kehamilan 1 Bulan

Ciri-ciri fisik ibu hamil seperti perut yang membesar memang belum bisa terlihat. Namun, pada usia kehamilan 1 bulan ini Anda sudah mulai menunjukan adanya gejala-gejala kehamilan 1 bulan meskipun belum terasa kuat ciri-ciri hamil tersebut. Gejala atau ciri awal kehamilan yang biasa di rasakan di bulan pertama antara lain:

  • Anda belum hamil di minggu pertama karena anda masih mengalami periode menstruasi terakhir
  • Setelah evolusi, sel telur dan sperma akan bertemu sehingga terjadi pembuahan dan mengalami proses perjalanan ke rahim
  • Akan terjadi keterlambatan haid, hilangnya haid akan membuat anda berfikir anda sedang hamil
  • Melakukan tes kehamilan dengan tespek dirumah
  • Mual
  • mudah lelah
  • mengidam
  • sakit kepala
  • peningkatan suhu badan
  • sensitif terhadap bau
  • perubahan puting dan payudara
  • gelisah
  • pendarahan implantasi, ditandai dengan bercak darah atau flek
Baca Juga:  Kenali 5 Ciri Ciri Lemah Kandungan Sejak Dini dan Penanganannya

2. Tanda Kehamilan 1 Bulan Secara Medis

Ada beberapa ciri kehamilan yang memang sudah bisa dideteksi sejak 1 minggu kehamilan dengan cara medis. Salah satunya dengan tes urin dan melakukan pemeriksaan USG yang dilakukan di rumah sakit terdekat.

Nah, yang paling praktis tentu saja adalah dengan cara tes urin yang menggunakan alat tes pack yang bisa Anda dapatkan di apotek-apotek terdekat. Inilah tes yang biasanya dilakukan para wanita agar dapat mengetahui apakah hamil ataukah tidak. Hal ini dikarenakan caranya sangat mudah dan tidak perlu melakukan penghitungan-penghitungan rumus tertentu. Hasilnya pun cukup akurat untuk menunjukkan apakah seorang wanita hamil atau tidak. Cara pakainya dengan melakukan tes pada urin yang keluar pagi hari. Masukan tes pack ke urine dan jika ada 1 garis berarti negatif hamil. Akan tetapi jika yang terlihat ada 2 garis, berarti Anda positif hamil.

3. Wanita hamil 1 Bulan Mengalami Morning sickness

ini merupakan istilah di mana wanita hamil muda akan merasakan mual dan muntah khususnya pada pagi hari ketika bangun tidur sampai dengan menjelang siang. Gejala muntah dan rasa mual ini berbeda pada semua wanita, sebab kenyataannya, ada juga ibu hamil muda yang tidak merasakan mual ketika ia sedang mengandung. Wanita bisa meminum minuman herbal atau minuman hangat lainnya untuk meredakan mual dan muntahnya.

Baca Juga:  8 Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

4. Mempunyai Perasaan Yang Lebih sensitif

Ini merupakan perubahan psikis yang terjadi pada wanita hamil muda, yaitu memiliki perasaan yang lebih sensitif. Perkataan yang dapat menyinggung hatinya, tentunya bisa sangat mudah berpengaru. Hal ini karena perubahan hormon yang bisa mempengaruhi mood wanita hami.

5. Perubahan Ukuran Payudara dan Bentuk Tubuh

Payudara yang ukurannya membesar dan nyeri ketika dipegang juga salah satu dari tanda-tanda anda hamil 1 bulan. ini disebabkan terjadinya produksi hormon progesteron dan estrogen yang meningkat pada tubuh. Pembesaran dan rasa nyeri pada payudara ini mulai terjadi beberapa hari setelah terjadi pembuahan. Ketika baru memasuki usia 1 bulan, perut wanita hamil memang belum terlalu membuncit. Akan tetapi, bagian tubuh yang lain, seperti paha, pantat, dan dada serta lengan akan terlihat lebih besar dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Cara Menjaga Usia Kehamilan 1 Bulan

Pemeriksaan Kehamilan

Sekurangnya empat kali pemeriksaan kehamilan harus Anda laksanakan selama kehamilan. Ibu hamil yang tidak melaksanakan pemeriksaan kehamilan yang memadai akan beresiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan dan bayi lahir dengan berat badan kurang dari normal.

Dokter biasanya akan memberikan saran guna menjaga kehamilan muda sebaiknya lakukan pemeriksaan minimal satu kali tiap bulan selama 6 bulan pada kehamilan awal, dua kali tiap bulan pada bulan ke tujuh dan delapan, dan sekali seminggu pada bulan persalinan.

Jaga Pola, Porsi dan Jenis Makanan yang Dapat Anda Konsumsi

Pola makan, jenis dan porsi makanan sebaiknya anda perbaiki untuk semua yang anda konsumsi setiap hari. Kurangi memakan makanan junk food dan sebisa mungkin anda beralih ke sayuran dan juga buah organik saja. Perhatikan porsi seimbang dan hindari memakan bahan makanan mentah maupun setengah matang untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri maupun virus kepada janin.

Baca Juga:  Penting Perhatikan Posisi Tidur Saat Hamil Muda Yang Aman

Minumlah Cukup Air

Kekurangan jumlah cairan dalam tubuh atau dehidrasi pada Ibu hamil ini sering ditemui kasusnya. Ini bisa beresiko terhadap kurangnya jumlah cairan ketuban, persalinan prematur dan yang paling buruk bisa berujung kematian janin. Sangat penting bagi Ibu hamil untuk meminum sekurang nya 2–3-liter air per hari, untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Rubah Pola dan Gaya Hidup

Mulai ubah gaya hidup lama yang dirasa membawa efek negatif bagi diri Anda dan janin, seperti kebiasaan merokok, minum kopi atau teh yang berlebihan. Menjadi perokok pasif juga akan semakin membawa bahaya berlipat bagi Anda dan janin. Jika suami atau keluarga terdekat ada yang merokok, upayakan untuk tidak berada di sekitar mereka.

Hindari Aktivitas dan Olahraga Berat

Jika anda merupakan seseorang dengan aktivitas sangat tinggi maka mulai saat ini anda harus menyadari bahwa kondisi kehamilan jauh lebih utama anda prioritaskan. Pastikan Anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup setiap harinya, serta hindari olahraga berat.

Beberapa olahraga yang disarankan pada saat hamil muda antara lain berjalan kaki, aerobik ringan dan berenang. Sebaiknya aktivitas hubungan suami istri yang berlebih anda hindari dulu saat masih dalam usia hamil muda ini. Juga guncangan saat sedang mengendarai kendaraan bermotor harus diminimalisir.

Seperti itulah tanda kehamilan 1 bulan dan bagaimana cara untuk menjaganya. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat menabah pengetahuan anda.