Seperti Inilah Panduan Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Seputaribuhamil.com – Saat menjalani masa kehamilan yang masih muda, seringkali anda bertanya- tanya makanan yang baik untuk ibu hamil itu seperti apa dan apa saja pantangannya? hal ini bertujuan baik agar bisa menjaga kesehatan dan juga perkembangan janin anda. Ibu hamil sangat memerlukan asupan makanan yang sehat. Sebab dalam masa kehamilan yang masih muda sangat rentan mengalami keguguran.

Disamping rentan keguguran, bu hamil di trimester pertama biasanya mengalami keluhan seperti mual, muntah sampai kehilangan selera nafsu makan. Padahal, trimester pertama kehamilan itu sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan juga mineral sehingga janin bisa berkembang dengan baik. Lantas, bagaimana makanan yang baik untuk ibu hamil muda itu? kita akan bahas lengkap di sini.

Seperti Inilah Panduan Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Daftar Makanan Yang baik Untuk Ibu Hamil Muda

Ibu hamil muda tak berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi lebih banyak. namun harus selalu memperhatikan kualitas dari makanan yang dikonsumsi. Pengaturan makanan yang dikonsumsi harus tepat sasaran. Dalam hal ini makanan yang dikonsumsi disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan. Juga dengan kebutuhan serta perkembangan dari janin.Terlebih pada awal kehamilan dimana perubahan hormonal bisa meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

1. Buah dan Sayur

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda terutama di trimester pertama adalah buah dan sayur. Kandungan vitamin C dari jus jeruk dan buah- buahan lainnya dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. Jangan lupa konsdumsi sayuran yang mengandung zat besi yang bisa anda peroleh dari sayuran hijau. Sebab ini mampu meningkatkan hemoglobin ke se tubuh dan memberikan energi.

Baca Juga:  Ternyata 10 Jenis Inilah Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

2. Kacang- Kacangan

Jangan lupa tambahkan pula makanan jenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

Konsumsilah kacang dengan kulit berwarna cokelat yang mengandung serat tinggi, untuk mengurangi risiko sembelit. Kacang-kacangan juga meningkatkan asupan Zat Besi. Perlu diperhatikan, makanlah kacang-kacangan tanpa digoreng atau dilapisi zat lain, untuk menghindari tingginya kalori dan lemak. Apabila anda  bosan mengonsumsi kacang yang utuh, cobalah hancurkan kacang dan nikmati sebagai taburan di atas yoghurt.

3. Produk Olahan Susu

Susu merupakan salah satu dari 6 makanan wajib ibu hamil muda (trimester pertama). Diawal masa kehamilan, seorang wanita hamil membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi. Jenis sumber protein yang bisa dikonsumi saat hamil adalah dari susu atau produk olahan susu lainnya. Misalnya saja seperti yoghurt, keju dan yang lainnya. Kandungan protein berperan penting untuk pertumbuhan jaringan sel bayi dan bisa memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Selain itu berperan dalam pembentukkan otot. Produk olahan susu seperti keju ternyata sangat kaya dengan kandungan kalsium yang bisa membantu ibu hamil muda dalam membantu pertumbuhan tulang janin yang ada dalam kandungannya.

4. Ikan

Makanan ikan ini mengandung protein serta asam lemak omega 3 yang bisa membantu membentuk otak janin. Meskipun demikian anda harus berhati-hati sebab terdapat kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemakk jenuh di dalam tubuh.

5. Konsumsi Sereal

Pada pagi hari seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Dengan begitu rasa mual, muntah dan kehilangan nafsu makan bisa anda atasi dengan mengkonsumsi sereal. Selain rasanya yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan anda, sereal itu punya kandungan berbagai mineral, karbohidrat, vitamin B, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Gandum utuh yang terdapat dalam sereal mengandung serat dan energi yang disesuikan kebutuhan ibu hamil.

Baca Juga:  Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Disamping penjelasan mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil, informasi tentang pantangan makanan untuk ibu hamil muda juga kami sampaikan di sini.  Diantaranya adalah:

Konsumsi Kafein

Meskipun banyak studi menunjukkan bahwa asupan kafein dalam jumlah sedang tidak masalah bagi kehamilan, namun ada studi lain yang menunjukkan bahwa asupan kafein mungkin berhubungan dengan keguguran. Selama hamil muda trimester pertama sebaiknya anda hindari konsumsi kafein untuk mengurangi kemungkinan keguguran. Untuk aturan umum, kafein harus dibatasi kurang dari 200 mg per hari selama kehamilan. Perlu diketahui kafein memiliki sifat diuretik, yang berarti akan membuang cairan dari tubuh memalui frekuensi kencing yang meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya air dan kalsium.

Bila konsumsi kafein selama masa kehamilan bisa berhubungan dengan kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah.  Ini berdasarkan dari hasil berbagai penelitian. Dengan demikian hal yang paling aman adalah menghindari kafein sama sekali dan menjadikannya masuk dalam daftar pantangan ibu hamil terutama hamil muda.

Ikan dengan Mercury

Saat hamil maka tidak dianjurkan konsumsi ikan yang punya  kadar merkuri tinggi. Hal ini bisa mengakibatkan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak janin. Ikan yang banyak mengandung mercury umumnya berukuran besar alias lama hidup di laut, Contohnya ikan hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish. Ikan yang dipakai dalam sushi juga perlu dihindari sebab kadar merkurinya tinggi.

Baca Juga:  Susu Ibu Hamil yang Bagus dan Enak, Serta Menghilangkan Rasa Mual

Sayuran yang tidak dicuci

Jenis sayuran memang menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Bahkan dianjurkan bagi pemenuhan nutrisi ibu hamil. Namun, pastikan bahwa sayuran tersebut harus dicuci untuk menghindari potensi paparan toksoplasma. Karena toksoplasma dapat mencemari tanah tempat sayuran ditanam. Oleh sebab itu sebagian ahli tidak menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi sayuran mentah. Akan lebih aman lagi anda konsumsi sayuran yang telah dimasak.

Telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang adalah menjadi sebuah pantangan ibu hamil karena berpotensi terpapar bakteri salmonella penyebab penyakit tipes. Oleh karena itu hanya makanlah telur yang benar-benar termasak matang.

Daging Mentah

Saat anda hamil muda, maka makanan seperti seafood, daging sapi, daging unggas, dan semua jenis daging yang mentah atau setengah matang harus dihindari karena risiko kontaminasi dengan bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella.

Ikan Asap

Konsumsi ikan asap harus dihindari saat anda sedang dalam kondisi hamil muda. Sebab bisa saja terkontaminasi dengan Listeria karena tidak matang dengan sempurna. Yang perlu diwaspadai karena Listeria dapat membuat janin terinfeksi sebab masuknya melewati plasenta yang mengarah pada infeksi atau keracunan darah. Sehingga ditakutkan ini mengancam nyawa. Ikan asap aman di makan jika dimasak (benar-benar matang) terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Demikianlah penjelasan mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil muda dan juga beberapa pantangan yang harus dihindari dikonsumsi saat hamil muda. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat untuk anda para pembaca semua.