Ternyata 10 Jenis Inilah Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Seputaribuhamil.com – Pasangan yang telah menikah pasti ingin segera memiliki momongan. Hamil adalah menjadi masa paling terpenting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam tahap perkembangannya. Salah satu yang penting adalah asupan buah- buahan. Sebab di dalamnya mempunyai banyak kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk ibu dan janinnya. Tapi ada beberapa buah yang tidak baik untuk ibu hamil. Apa saja itu? kita akan bahas disini.

Ada berbagai macam buah yang tidak baik untuk ibu hamil dikarenakan efek negatifnya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan manfaat yang diperolehnya. Ada buah-buahan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan. Hal ini demi kebaikan janin yang ada dalam kandungan anda. Anda harus perhatikan apa saja buah-buahan yang tidak boleh dimakan saat anda sedang hamilan.

Ternyata 10 Jenis Inilah Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

10 Macam Buah Yang Tidak baik Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini akan kami sampaikan berbagai macam jenis buah yang ternyata tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasan dibalik buah tidak baik dikonsumsi karena bisa mengakibatkan kontraksi rahim dan yang lebih parah lagi bisa keguguran. Mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi (BAB keras), perut perih, kembung,. Sebagian dari buah-buahan tersebut harus dihindari dan sebagian hanya perlu dibatasi.

1. Buah Pepaya

Bila sekarang ini anda sedang hamil ada baiknya bila menghindari makan buah pepaya. Khususnya pepaya yang masih mentah. Walaupun memang manfaat dari buah yang memiliki rasa yang manis ini tak bisa disangkal. Di dalam pepaya terkandung senyawa berbahaya untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu pelunakan jalan lahir serta kontraksi dini bisa terjadi akibat konsumsi pepaya ini. Hal tersebut dapat memicu kelahiran prematur pada janin dan bisa menyebabkan keguguran.

Baca Juga:  Ini Dia Beberapa Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

2. Buah Nanas

Sebagian ibu hamil percaya bahwa minum jus nanas akan dapat mempermudah proses persalinan. Dalam buah nanas terdapat kandungan bromelain yang bisa melunakkan jalan lahir atau leher rahim. Bromelain dapat memicu pembukaan serta kontraksi rahim.

Akan tetapi tak banyak yang tahu jika buah ini bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi pada trisemester pertama kehamilan. Alasannya sama, sebab efek bromelain terhadap rahim tadi.

Oleh sebab itu saat trisemester pertama kehamilan atau hamil muda, anda tidak disarankan untuk mengonsumsi nanas. Setelah periode tersebut, tak mengapa kalau bunda ingin makan sedikit nanas karena buah inipun kaya nutrisi. Hanya tetap jangan kebanyakan atau terlalu sering.

3. Anggur

Buah yang memiliki rasa menyegarkan ini memang membuat semua orang tak bisa menolaknya. Manisnya buah ini dipadu dengan sedikit masam membuat mulut terasa segar saat memakannya. Namun saat hamil ibu dilarang untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Karena buah yang dilarang untuk ibu hamil ini selama masa perkembangannya banyak sekali menggunakan bahan kimia untuk perawatannya. Oleh karena itu dikhawatirkan buah anggur itu telah kemasukan bahan kimia. Ini dapat membuat ibu hamil keracunan. Walaupun masih diperdebatkan tentang masalah ini, antara boleh dan tidaknya, tapi lebih baik menghindarinya demi keamananan.

4. Nangka

Tak jauh beda dari beberapa buah yang disebutkan sebelumnya, nangka juga bersifat ‘panas’. Kadang perut ibu hamil akan terasa panas setelah mengonsumsi nangka. Tapi, buah ini tidak mutlak harus dihindari. bagi anda yang pernah mencoba konsumsi nangka saat hamil dan ternyata baik-baik saja, jadi tak masalah melanjutkannya. Asalkan jumlahnya dibatasi.

Sedangkan untuk anda yang memiliki masalah perut kembung atau lambung, maka sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini. Bila banyak yang berpikir ibu hamil tak boleh makan buah nangka karena bisa menjadikan keguguran, maka ini hanya mitos!

Baca Juga:  Tak Sempat Memasak Makanan Bergizi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

5. Melon

Kandungan vitamin dan juga antioksidan sebenarnya banyak terdapat di dalam buah melon ini. Kandungan ini sangat baik bagi tubuh. Namun ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope. Sebab bisa saja kan kulit luar melon tercemar bakteri. Terlebih bakteri salmonella yang berpotensi mengancam ibu hamil terkena virus TORCH. Virus itu akan memicu kelahiran prematur dan cacat pada janin. Sehingga berhati – hatilah ketika mengkonsumsi buah – buahan selama kehamilan.

6. Buah Leci

Segarnya buah leci memang tidak dapata dinikmati oleh ibu hamil sebab memiliki sifat ‘panas’. Saat hamil saja telah membuat tubuh anda kepanasan, apalagi konsumsi leci bisa memperburuk keadaan.

Tak hanya berdampak pada janin, bunda bisa mengalami sakit perut hingga pendarahan yang memicu keguguran. Namun demikian, efek buruk mengonsumsi buah ini selama hamil, tentu dipengaruhi oleh jumlah konsumsinya. Jika anda tidak dapat menahan keinginan untuk memakannya, maka boleh mencicipinya satu atau dua buah saja.

7. Mangga Matang

Meskipun tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi mangga matang selama kehamilan, namun hal tersebut bisa lebih baik dihindari selama trimester terakhir. Sebab mangga yang matang  itu mempunyai kandungan gula yang tinggi. Ini bisa meningkatkan resiko diabetes saat hamil dan mengakibatkan berbagai masalah lain. Misalnya bisa membuat berat badan janin menjadi besar sehingga sulit dilahir secara normal. Oleh sebab itu, walaupun punya banyak manfaat tapi lebih baik menunda mengkonsumsi buah mangga ini setelah anda melahirkan.

Baca Juga:  Seperti Inilah Panduan Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

8. Durian

Mendapat julukan si raja buah, Durian memiliki aroma menggoda bagi semua pecintanya. Akan tetapi ketika hamil, Durian adalah salah satu buah yang memang dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah dengan kulit luar yang berduri ini punya kandungan asam arachidonat juga alkohol yang dapat membuat kehamilan berada dalam bahaya. Bisa terjadi kondisi lahir prematur sebab kandungan asam arachidonat akan memicu kontraksi pada rahim ibu hamil. Tapi untuk mengobati ngidam anda boleh mencicipinya sedikit, asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang wajar.

9. Persik

Walau manis, namun buah persik juga bersifat ‘panas’. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami pendarahan. Selain itu, kulit buah persik yang memiliki rambut akan dapat membuat tenggorokan terasa terbakar dan juga gatal. Sehingga, buah persik masuk ke daftar buah yang tidak baik untuk ibu hamil sebab berisiko keguguran pada ibu hamil. Meskipun beberapa sumber masih membolehkan ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

10. Buah Yang Tidak Dicuci

Buah yang tidak dicuci dengan bersih dan langsung saja dimakan dikhawatirkan bisa membahayakan janin yang dikandung oleh ibu. Jika tubuh ibu hamil yang rentan diserang oleh bakteri itu dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Sebenarnya bukan buahnya yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, namun prosesnya yang tidak bersih bisa menyebabkan berbagai resiko kehamilan.

Konsumsi buah – buahan membuat tubuh memperoleh vitamin dan mineral yang tak bisa dihasilkan oleh tubuh. Tapi saat hamil, disarankan agar membatasi konsumsi berbagai jenis buah tadi. karena efek buruknya cenderung lebih besar. Jadi, pilah dan pilih makanan yang tepat supaya kehamilan terhindar dari masalah.